Cara Menghitung Presentase (%) dari keuntungan dengan mudah

Cara Menghitung Presentase (%) dari keuntungan dengan mudah - Ada yang tahu apa itu keuntungan? keuntungan adalah sebuah hasil dimana anda akan mendapat sesuatu nilai lebih dari modal anda. Sebagai contoh, ketika anda membeli buku seharga 1000 rupiah, maka anda harus menjualnya lebih, misal anda jual dengan harga 1200 rupiah, maka anda akan mendapat keuntungan sebesar 200 rupiah. Secara ringkasnya seperti itu.

Cara Menghitung Presentase (%) dari keuntungan dengan mudah
Google Image


Sekarang ini, banyak sekali orang yang bingung menghitung berapa persentase keuntungan dari usaha mereka atau usaha orang lain per barangnya. Tentu saja hal tersebut membuat anda bingung bagaimana cara untuk mengetahuinya. Tapi tenang, pada kesempatan kali ini, Belajar Rumus Matematika Online akan memberikan cara mudah dan menjelaskan secara ringkas kepada anda. Dan kami pun akan memberikan contoh soal yang mudah untuk dipahami agar anda bisa mengerti secara lebih baik lagi. Berikut ini Cara Menghitung Presentase (%) dari keuntungan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Cara Menghitung Presentase (%) dari keuntungan dengan mudah

Adapun langkah mudah menentukan sebuah keuntungan dalam usaha anda ataupun usaha orang lain. Berikut ini rumus mudahnya:

Untung = Harga Penjualan - Harga Pembelian

nah untuk anda yang sedang mencoba membuat usaha, anda perlu mempertimbangkannya. Berdasarkan rumus diatas, anda perlu memahami bahwa keuntungan akan anda dapat ketika harga penjualan lebih besar dari modal atau harga pembelian anda. Dan apabila anda menjual dengan harga yang lebih murah dari harga pembelian, bisa dipastikan bahwa anda akan mengalami kerugian.


Untuk lebih mudah dalam memahaminya, perhatikan contoh berikut ini:

Pak Joko membeli satu karung sagu seharga Rp. 100.000,- lalu pak Joko menjualnya lagi dengan harga Rp. 125.000,- . 

Pertanyaannya adalah:
1. Apakah Pak Joko mendapat Keuntungan atau malah mendapatkan kerugian?
2. Jika untung atau rugi, berapakah besarnya dalam rupiah?
3. Berpakah persentase keuntungan atau kerugian dari pak Joko?


Cara menjawab:

Pertama tama, mari kita lihat modal atau harga pembelian sagu pak Joko yaitu sebesar Rp. 100.000,-
Harga penjualan Sagu pak Joko sebesar Rp. 125.000,-

Maka:

Harga Penjualan - Harga Pembelian = Untung

Rp. 125.000,- - Rp. 100.000,- = Rp. 25.000,-

lalu, menghitung persentase keuntungannya adalah:

Untung : Harga Pembelian x 100% = Persentase keuntungan

Rp. 25.000,- : Rp. 100.000,- x 100% = 25 % 


Jadi, jawabannya dari pertanyaan yang pertama adalah pak joko mendapat keuntungan, pada pertanyaan kedua pak joko mendapat keuntungan sebesar Rp. 25.000,- . Dan persentase keuntungan dari penjualan pak Joko sebesar 25%



Nah itu tadi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Menghitung Presentase (%) dari keuntungan dengan mudah semoga bermanfaat bagi anda. Untuk anda yang ingin tahu seputar dunia matematika, rumus matematika, bisa kunjungi terus di situs Belajar Rumus Matematika Online . Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.


Newer Oldest

Related Posts