Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Tegak Segitiga

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Tegak Segitiga - Bagi kalian yang sedang libur nih, saya akan memberikan kalian materi tentang bagaimana cara menghitung rumus luas beserta volume dari bangun ruang yang biasa disebut dengan prisma tegak segitiga. Prisma ini ada banyak sekali, namun yang akan saya bahas adalah prisma tegak segitiga. Kalian pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan bangun ruang yang satu ini? Tentu saja tidak, karena dimateri bangun ruang, pasti selalu ada prisma tegak segitiga.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Tegak Segitiga
Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Tegak Segitiga

Nah, jelas kalian tahu bukan kenapa dikatakan bangun ruang prisma tegak segitiga? Jelas sekali jika kita lihat gambar diatas maka jawabannya langsung mengarah ke alas dan tutupnya yang berbentuk segitiga. Oleh karena itu bangun ruang yang satu ini dinamakan prisma tegak segitiga. Langsung saja yuk kita mulai pemabahasannya berikut ini.

Kita bisa lihat bahwa didalam prisma tegak segitiga terdapat alas, tutup, dan bagian selimut. Nah, untuk mencari luasnya hanya kita jumlahkan saja luas ketiganya. Hitung luas kedua segitiga kemudian luas selimut kemudian jumlahkan. Maka akan didapatkan luas dari prisma segitiga.

L = luas alas dan tutup + luas selimut

Atau

L = 2 x luas segitiga + luas selimut

Karena luas tutup dan alasnya pasti selalu sama, oleh karena itu kita bisa menggunakan rumus kedua. Hasilnya sama saja kok. Jangan bingung. Semua itu hanya perlu di pahami dan diingat – ingat sampai kapanpun. Karena untuk masuk perguruan tinggi sekalipun ini masih digunakan.

Untuk mencari volume dari prisma tegak segitiga, hampir sama dengan mencari volume tabung. Hanya saja pada tabung alasnya berupa lingkaran dan pada prisma alasnya berbentuk segitiga. Volumenya adalah:

V = luas alas x tinggi

Kita bisa lihat bahwa alasnya adalah segitiga maka kita cari luas segitiga alasnya saja kemudian kita kalikan dengan tinggi prisma yang ada. Mudah bukan? Nah, agar kalian dapat memahami dengan baik, simaklah contoh – contoh soal berikut ini.

Contoh 1


Diketahui pada prisma tegak segitiga tingginya yaitu 12cm. Apabila tinggi segitiga 7cm dan alas segitiga 4cm, tentukanlah volume dari prisma tersebut.

Jawab:

Diketahui T = 12cm
(t) = 7cm
(a) = 4cm
Ditanya V = ?

Penyelesaian:

Yang harus kita lakukan pertama adalah hitung luas alasnya.
Luas alas = ½ x a x t
Luas alas = ½ x 4 x 7
Luas alas = 14cm

Setelah itu baru kita bisa cari volumenya:

V = luas alas x T
V = 14 x 12
V = 168cm2.

Jadi, volume prisma adalah 168cm2.

Contoh 2


Diketahui volume sebuah prisma segitiga adalah 1400cm2. Apabila tinggi segitiga 14cm dan alasnya 10cm, tentukanlah tinggi prisma segitiga tersebut.

Jawab:

Langsung saja kita masukan kedalam rumus:

V = luas alas x tinggi prisma
1400 = (1/2 x a x t) x tinggi prisma
1400 = (1/2 x 10 x 14) x tinggi prisma
1400 = 70 x tinggi prisma
1400/70 = tinggi prisma
Tinggi prisma = 20cm.

Contoh 3


Diketahui tinggi prisma adalah 18cm. Tinggi segitiga 8cm dan alasnya 6cm, maka berapakah luas prisma segitiga tersebut.

Jawab:

Kita tahu bahwa luas prisma adalah:
L = 2 x luas segitiga x luas selimut

Maka kita cari satu – satu.

Luas segitiga = 2(1/2 x a x t)
Luas segitiga = 2(1/2 x 6 x 8)
Luas segitiga = 2(24)
Luas segitiga = 48cm

Kita cari luas selimut yang terdiri dari 3 persegi panjang, namun sisi miring dari segitiga belum diketahui, kita cari memakai rumus phytagoras:

Sisi miring = √62 + 82
Sisi miring = √36 + 64
Sisi miring = √100
Sisi miring = 10cm

Luas persegi panjang = p x l 
= 18 x 10 = 180cm
= p x l
= 18 x 8 = 144cm
= p x l
= 18 x 6 = 108cm

Jadi luas prisma tersebut adalah:

Luas prisma = 2 x luas segitiga + luas selimut
Luas prisma = 48 + 180 + 144 + 108 
Luas prisma = 480cm.


Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma Tegak Segitiga - Nah, inilah yang dapat saya berikan untuk kalian semua, semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua. saya hanya berpesan untuk kalian agar kalian semua bisa memanfaatkan waktu kalian sebaik – baiknya. Jangan pernah menyia – nyiakannya. Terimakasih telah berkunjung.

Related Posts