Pengertian, Operasi, Rumus dan Jenis - jenis Bilangan Berpangkat

Pengertian, Operasi, Rumus dan Jenis - jenis Bilangan Berpangkat - Kita sudah banyak mengeatahui banyak jenis bilangan contohnya bilangan berpangkat. Kalian tentu tahu bukan apa itu bilangan berpangkat? Jika belum, jangan khawatirkan masalah itu. Saya akan menjelaskan secara keseluruhan kepada adik – adik semua tentang bilangan berpangkat.

Pengertian, Operasi, Rumus dan Jenis - jenis Bilangan Berpangkat
Google Image - Pengertian, Operasi, Rumus dan Jenis - jenis Bilangan Berpangkat

Bilangan berpangkat merupakan suatu bilangan yang akan dikali berulang kali sesuai dengan pangkat yang ia miliki. Misal, pada bilangan an berarti a dikali berulang kali sebanyak n. Contoh 63 = 6 x 6 x 6 = 196. Inilah konsep untuk bilangan berpangkat bulat. Lalu bagaimana jika kita menemukan bilangan yang berpangkat pecahan seperti ini 21/4? Untuk menyelesaikan soal tersebut, ada cara – cara tersendiri. Simaklah cara – cara berikut ini agar kalian memahami konsep dari biangan berpangkat pecahan.

Pengertian, Operasi, Rumus dan Jenis - jenis Bilangan Berpangkat


Konsep dari bilangan berpangkat pecahan dapat kita pahami pada soal berikut ini. 25a = 5. Berapakah nilai a..?

Jawab:

25a = 5
(52)a = 51
52a = 51
2a = 1
A = ½

Dari soal diatas, sesungguhnya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa bilangan berpangkat pecahan seperti contoh soal diatas yaitu 251/2 = 5 itu sama saja dengan bentuk seperti √25 yaitu 5.
Sekarang coba kita kerjakan contoh yang lain, seperti:

512x = 8
(83)x = 81
83x = 81
3x = 1
X = 1/3

Soal diatas juga sama saja dengan bentuk 3√512 = 8.

Dari contoh soal sederhana diatas, dapat kita ambil suatu rumus sebagai berikut:

An/m = m√An

Dengan syarat bahwa a > 0 dan m serta n merupakan bilangan bulat positif.

Jenis – jenis bilangan berpangkat 


1. Bilangan berpangkat bulat positif


Bilangan ini merupakan bilangan berpangkat yang pertama saya jelaskan diawal yaitu perkalian bilangan yang sama contoh 64 = 6 x 6 x 6 x 6. Terlihat bahwa bilangannya berulang. Kesimpulannya adalah am = a dikali dengan a sebanyak m.


2. Bilangan berpangkat bulat negatif

Bilangan ini terjadi apabila pada saat pembagiian suatu bilangan yang memiliki pangkat, angka pangkat pembagi lebih besar dibanding dengan angka pangkat yang dibagi.

Contohnya:

A3/a5 = a3 – 5 = a-2 = 1/a2

3. Bilangan berpangkat nol

Contoh dari bilangan berpangkat nol adalah sebagai berikut:

43/43 = 43 – 3 = 40 = 1
( setiap angka yang dipangkatkan dengan angka nol maka hasilnya adalah 1 ).

Sifat –sifat bilangan berpangkat


Dalam pengoperasiannya, bilangan erpangkat memiliki beberapa sifat – sifat yang bisa dijadikan dasar kita mengerjakan suatu soal yang ada. Sifat – sifatnya diantaranya adalah:


Am x an = am + n 

Am : an = am – n
( a + b )c = ac + c.a.b + bc
( a – b )c = ac – c.a.b - bc
( a x b )c = ac x ac


Pengertian, Operasi, Rumus dan Jenis - jenis Bilangan Berpangkat - Nah, inilah penjelasan dari pengertian, operasi jenis dan sifat – sifat bilangan berpangkat. Jika kalian masih bingung, kalian bisa saja tanya kepada teman kalian yang kalian anggap bisa. Sebenarnya materi yang telah saya sampaikan telah saya sampaikan dengan jelas agar kalian semua tidak kebingungan lagi dengan materi ini. Namun jika kalian belum jelas saya hanya berpesan untuk rajin – rajin dalam membaca dan mempelajari baik materi maupun contoh soal yang kalian miliki. Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah mengunjungi blog kami.
Pengertian, Operasi, Rumus dan Jenis - jenis Bilangan Berpangkat | Unknown | 5