Penjelasan Tentang Metode Substitusi dan Eliminasi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Penjelasan Tentang Metode Substitusi dan Eliminasi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel - Pada pertemuan lalu, saya telah membahas beberapa materi matematika yang pastinya membuat wawasan anda bertambah. Begitu juga pada hari ini, saya akan memberikan materi matematika untuk kalian semua. materi yang akan saya berikan adalah penjelasan tentang metode substitusi dan eliminasi sistem persamaan linear dua variabel.

Penjelasan Tentang Metode Substitusi dan Eliminasi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Google Image - Penjelasan Tentang Metode Substitusi dan Eliminasi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Sebelumnya telah saya jelaskan bahwa sistem persamaan linear dua variabel adalah suatu sistem  yang didalamnya terdapat dua variabel x dan y yang berpangkat satu. Bentuknya sendiri yaitu ax + by = c. X dan y merupakan variabel sedangkan a dan b merupakan koefisien. Untuk menyelesaikan soal SPLDV, kita bisa menggunakan dua cara yaitu: eliminasi dan substitusi. Saya akan menjelaskan kedua cara tersebut. Untuk itu, terus ikutin blog tercinta kita ini ya.

penjelasan tentang metode substitusi dan eliminasi sistem persamaan linear dua variabel.


1. Metode substitusi SPLDV


Pada metode ini, kita memasukan variabel x kedalam variabel y. Caranya yaitu kita cari telebih dahulu nilai dari salah satu variabel kemudian kita masukan ke variabel yang lain. Contoh:

3x + 9y = 36
  x + 6y = 9

Tentukan nilai x dan y.

Soal diatas dapat dikerjakan dengan metode substitusi sbagai berikut:

Kita cari yang mudah terlebih dahulu yaitu x + 6y = 9, maka x = 9 – 6y
Kita sudah mendapatkan salah satu persamaannya, lalu kita masukan saja ke persamaan yang pertama.

3( 9- 6y ) + 9y  = 36
27 – 18y + 9y   = 36 ( kalikan – semua )
-27 + 18y – 9y  = -36
9y                     = -9
Y                      = -1

Apabila telah didapatkan salah satu variabelnya, kita masukan saja untuk mencari variabel yang lain. Dalam hal ini, terserah kita ingin masukan kepersamaan yang mana. Masukan saja kepesamaan yang mudah seperti:

X + 6y = 9
Kita masukan nilai y yang telah kita dapatkan tadi.

X + 6(-1) = 9
X -6         = 9
X             = 15

Dengan cara ini telah kita dapatkan nilai dari variabel x dan y yaitu x = 15 dan y = -1

2. Menyelesaikan SPLDV menggunakan cara eliminasi.


Untuk menyelesaikan soal SPLDV, kita bisa menggunakan cara eliminasi juga. Untuk penjelasannya, mari kita simak bersama penjelasannya berikut ini.
Cara eliminasi yaitu cara dimana kita menghilangkan salah satu variabel, untuk mendapatkan nilai dari variabel yang lain. Contoh:

3x + 6y = 36
2x + y   = 9

Jika kita menggunakan metode eliminasi, maka kita harus menentukan mana veriabel yang akan kita hilangkan. Yang lebih mudah tentunya.

3x + 6y = 36 | x1 = 3x + 6y     = 36
2x + y   = 9 | x6 = 12x + 6y   = 54 –
-9x = -18
X = 2

Jika kita sudah mendapatkan salah satu variabelnya, maka kita masukan saja nilai variabel x ke persamaan yang paling mudah.

2x + y    = 9
2(2) + y = 9
     4 + y = 9
          Y = 5


Penjelasan Tentang Metode Substitusi dan Eliminasi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel - Nah, inilah penjelasan yang dapat saya sampaikan kepada sahabat – sahabat semua. saya berharap agar kalian semua dapat mengerti dengan apa yang telah saya berikan. Saya hanya berpesan kepada kalian untuk selalu rajin dalam belajar. Karena belajar, kita dapat meningkatkan pengetahuan kita terhadap sesuatu hal. Terimakasih telah membaca atikel ini. Sampai ketemu dengan materi yang lebih menarik lagi.
Penjelasan Tentang Metode Substitusi dan Eliminasi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | Unknown | 5