Rangkuman Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP kelas 9

Rangkuman Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP kelas 9 - Pada edisi hari ini, belajar rumus matematika online akan memberikan sebuah rangkuman materi tentang bangun ruang sisi lengkung. Kalian sudah pernah dengarkan apa saja yang dimaksud dengan bangun ruang sisi lengkung? Jika belum ayo merapat kesini, karena harusnya kalian sudah tahu semua. Pada pertemuan kita yang telah lalu, kita sudah pernah membahas tentang bangun ruang bukan. Namun, hanya beberapa saja mungkin. Kali ini, khusus untuk bangun ruang sisi lengkung saja yang akan saya behas.

Rangkuman Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP kelas 9
Google Image - Rangkuman Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP kelas 9

Berbicara mengenai bangun ruang sisi lengkung, itu berarti kita membicarakan tentang bola, tabung, dan kerucut. Apakah kalian semua sudah tahu semua rumus – rumusnya? Nah, kalau belum tahu semua, ayo segera cari tahu, karena kalian akan ketinggalan apabila dari sekarang belum mencari tahu. Agar kalian tidak penasaran lagi, langsung simak saja materinya berikut ini.

Rangkuman materi tentang bangun ruang sisi lengkung SMP Kelas 9


Pengertian bangun ruang sisi lengkung

Bangun ruang sisi lengkung adalah suatu kelompok bangun ruang yang memiliki sisi melengkung, memiliki selimut atau memiliki permukaan bidang. Seperti yang telah saya beri tahu diatas tadi, bahwa kelompok bangun ruang yang memiliki sisi lengkung adalah meiputi bola, kerucut dan tabung.

Kerucut


Kerucut merupakan bangun ruang yang memiliki alas berbentuk lingkaran dimana lingkaran tersebut tutupi oleh selimut yang memiliki ketinggian sejumlah t. Selimut tersebut diseut garis pelukis. Unsur – unsur yang terdapat pada kerucut adalah:

(r) = jari – jari lingkaran
(t) = tinggi kerucut
(s) = garis pelukis kerucut

Rumus – rumus yang berlaku untuk kerucut:

- Luas alas = luas lingkaran = πr2
- Luas selimut = πrs
- Luas permukaan kerucut = luas alas + luas selimut
= πr2 + πrs
= πr (r + s)
- Volume kerucut = 1/3 x πr2t


Tabung


Tabung merupakan kelompok bangun ruang sisi lengkung yang terdapat dua batas berbentuk lingkaran pada atas dan bawahnya. Kedua lingkaran tersebut berukuran sama besar serta kongruen. Kedua lingkaran tersebut disatukan oleh persegi panjang yang melengkung mengikuti sisi kedua lingkaran tersebut. Tabung terdiri dari:

- (r) = jari – jari lingkaran
- (t) = tinggi tabung

Rumus – rumus yang berlaku pada tabung:

- Luas alas = luas tutup = luas lingkaran = πr2
- Luas selimut tabung = 2πrt
- Luas permukaan tabung = luas alas + luas tutup + luas selimut
= πr2 + πr2 + 2πrt
= 2πr2 + 2πrt
= 2πr (r + t)
- Volume tabung = luas alas x tinggi
= πr2t


Bola


Bola merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki sisi melengkung dimana terdapat jari – jari didalamnya. Pajang sisi 1 ke sisi yang lainnya disebut dengan diameter, atau bisa dikatakan panjang 2r = diameter. Unsur – unsur pada bola adalah:
- (r) = jari – jari bola

Rumus – rumus yang berlaku:

- Luas permukaan bola = 4πr2
- Volume bola = 4/3 x πr3


Contoh soal tentang bangun ruang sisi lengkung


1. Diketahui sebuah bola memiliki jari – jari sebesar 7cm. tentukanlah volume dan luas permukaan bola tersebut.

Jawab:

V = 4/3 x πr3
V = 4/3 x 22/7 x 7 x 7 x 7
V = 4/3 x 22 x 7 x 7
V = 4/3 x 22 x 49
V =

Diketahui tinggi tabung adalah 12cm. tabung tersebut memiliki jari – jari sebesar 7cm. tentukanlah luas permukaannya dan volumenya.

Jawab:

L = 2πr(r + t)
L = 2 x 22/7 x 7 (7 + 12)
L = 44 x (19)
L = 836cm2.

Volume tabung = πr2t
Volume tabung = 22/7 x 7 x 7 x 12
Volume tabung = 154 x 12
Volume tabung = 1848cm3.


Rangkuman Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP kelas 9 - Nah, inilah materi yang dapat saya bagikan kepada adik – adik semua. yang kalian butuhkan adalah terus belajar dan jangan pernah melupakan rumus yang telah kalian pelajari, karena rumus itulah yang sering digunakan dari kalian SMP sampai kalian SMA. Terimakasih telah berkunjung, sampai bertemu dimateri selanjutnya.

Related Posts