Rumus cara mencari luas selimut kerucut dan contoh soalnya

Rumus cara mencari luas selimut kerucut dan contoh soalnya - Tentu kaian semua sudah pernah melihat suatu benda yang berbentuk kerucut bukan? Apa yang kalian fikirkan, pernahkan kalian berfikir untuk bisa mengetahui luas dari selimut kerucut dari benda yang kalian amati? Nah, jika iya berarti bagus, itu tandanya kalian semua memiliki rasa penasaran yang baik. Karena ada rasa penasaran itu, maka muncullah niat untuk belajar.

Rumus cara mencari luas selimut kerucut dan contoh soalnya
Google Image - Rumus cara mencari luas selimut kerucut dan contoh soalnya

Berbicara mengenai kerucut, kemarin kita telah membahas sedikit mengenai cara menghitung volume kerucut. Nah, pada hari ini, belajar rumus matematika online akan memberikan materi untuk adik – adik semua mengenai bagaimana cara menghitung luas selimut kerucut. Ikutillah materi ini dengan baik ya. 

Rumus cara mencari luas selimut kerucut dan contoh soalnya


Jika kita perhatikan gambar diatas, pada gambar yang sebelah kiri kalian, itu merupakan gambar kerucut dimana (r) adalah jari – jari kerucut, (T) adalah tinggi dari kerucut, dan (s) adalah garis pelukis dari kerucut tersebut. Gambar yang berada disebelah kanan merupakan kerucut yang sudah dibongkar dari yang sebelumnya bangun ruang menjadi bangun datar agar kita lebih mudah dala menghitung luasnya nanti. Untuk mencari luas permukaan, kita membutuhkan luas selimut kerucut dimana luas selimut kerucut adalah sebagai berikut:

Luas selimut kerucut = π x s x r
Luas permukaan kerucut = π x r x (s + r)

Dimana:

Π = 22/7 atau 3,14
S = garis pelukis kerucut
R = jari – jari kerucut

Inilah rumus – rumus yang digunakan. Kalian hanya perlu memahaminya dan jangan pernah melupakannya. Agar kalian lebih memahami materi diatas, maka kerjakanlah soal – soal berikut ini.

Contoh soal mencari luas selimut kerucut


Diketahui sebuah rumus memiliki tinggi 20cm dan panjang garis pelukisnya adalah 25cm. Dari data diatas, tentukanlah:

a) Jari – jari kerucut
b) Volume kerucut
c) Luas selimut kerucut
d) Luas permukaan kerucut

Jawab:

a) Untuk mencari jari – jari kerucut, kita dapat mencarinya dengan rumus phytagoras.

(r) = √s2 – t2
(r) = √252 - 202
(r) = √625 – 400
(r) = √225
(r) = 15cm.

b) Volume kerucut 

V = 1/3 x π x r2 x t
V = 1/3 x 22/7 x 152 x 20
V = 1/3 x 22/7 x 225 x 20
V = 4714,29cm3.

c) Luas selimut kerucut

L = π x r x s
L = 22/7 x 15 x 25
L = 1178,58cm2.

d) Luas permukaan kerucut

L = π x r x (s + r)
L = 22/7 x 15 x (25 + 15)
L = 22/7 x 15 x (40)
L = 47,14 x (40)
L = 1885,7cm2.



Rumus cara mencari luas selimut kerucut dan contoh soalnya - Nah, inilah tadi pembahasan mengenai cara mencari luas selimut kerucut. Bukan hanya mencari luas selimutnya saja, luas permukaannya pun kita pelajari disini. Jadi tidak ada alasan untuk kalian semua untuk tidak tahu rumus – rumusnya. Karena semua telah tertulis disini. Tinggal kalian saja yang harus rajin – rajin dalam membaca dan mempelajarinya. Terimakasih telah berkunjung, apabila kurang jelas monggo ditanyakan. Sampai jumpa lagi.
Rumus cara mencari luas selimut kerucut dan contoh soalnya | Unknown | 5