Rumus Mencari Volume Limas Segitiga Lengkap dengan Contoh Soalnya

Rumus Mencari Volume Limas Segitiga Lengkap dengan Contoh Soalnya - Selamat pagi semua, semoga kalian semua berada dalam keadaan yang terbaik amiinn. Pada post kita kali ini, saya akan membahas tentang bungun ruang yaitu limas segitiga. Kalian pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan bangun ruang yang satu ini. Bangun ruang ini sering kita temui disoal – soal ujian akhir. Oleh karena itu, agar ketika ujian tidak mencontek, kita belajar mandiri sejak sekarang ini.

Rumus Mencari Volume Limas Segitiga Lengkap dengan Contoh Soalnya
Google Image - Rumus Mencari Volume Limas Segitiga Lengkap dengan Contoh Soalnya

Berbicara tentang limas, kita tahu bahwa limas ada yang berbentuk segi empat dan segitiga. Namun, yang akan kita bahas hanya yang berbentuk segitiga saja. Dilain waktu pasti akan saya bahas semua kok. Dikatakan limas segitiga karena alasnya berbentuk segitiga. Limas ini memiliki 6 rusuk yang saling bertemu di 4 titik sudut. Perhatikanlah gambar dibawah ini. Selain memiliki 6 rusuk, limas ini juga memiliki 4 sisi – sisi yang berbentuk segitiga, dan garis putus – putus adalah tinggi limas.


Rumus cara mencari volume limas segitiga lengkap dengan contoh soal


Untuk mencari volume bangun ruang limas segitiga ini, rumus umum yang kita gunakan selama ini adalah sebagai berikut:

Volume limas segitiga = 1/3 x (1/2 x panjang x lebar) x tinggi
V = 1/3 x (1/2 x p x l) x t

Rumus diatas yang selama ini digunakan. Oleh karena tidak pernah berubah, maka kalian hanya perlu memahaminya dan setelah itu menghapal rumus umum ini. Karena rumus inilah yang akan dipakai selamanya. Agar kalian lebih memahaminya, langsung saja kita kerjakan soal – soal berikut ini.

Contoh soal mencari volume limas segitiga


Contoh 1

Sebuah limas memiliki alas berbentuk segitiga dengan panjang 9cm dan lebar 8cm. Limas tersebut memiliki tinggi 12cm. Berapakah volume limas segitiga tersebut.

Jawab:

V = 1/3 x (1/2 x p x l) x t
V = 1/3 x (1/2 x 9 x 8) x 12
V = 1/3 x (36) x 12
V = 12 x 12
V = 144cm2.

Contoh 2

Diketahui sebuah limas yang memiliki alas berbentuk segitiga mempunyai volume sebesar 70cm2. Panjang dan lebar limas tersebut berturut – turut adalah 7cm dan 6cm. Berapakah tinggi limas tersebut?

Jawab:

V = 1/3 x (1/2 x p x l) x t
70 = 1/3 x (1/2 x 7 x 6) x t
70 = 1/3 x (21) x t
70 = 7t
T = 70/7
T = 10cm.

Contoh 3

Diketahui sebuah limas memiliki alas berbentuk segitiga dengan tinggi 5cm. Volume limas tersebut adalah 30cm2. Jika panjang limas tersebut adalah 9cm, maka berapakah lebar dari limas tersebut?

Jawab:

V = 1/3 x (1/2 x p x l) x t
30 = 1/3 x (1/2 x 9 x l) x 5
30 = 1/3 x (4,5l) x 5
90 = 22,5l
L = 90/22,5
L = 4cm.


Rumus Mencari Volume Limas Segitiga Lengkap dengan Contoh Soalnya - Nah, inilah materi yang berkaitan dengan limas beralaskan segitiga. Tidak sulit kok jika kalian semua rajin dalam mengerjakan latihan – latihan soal. Saya yakin kalian semua pasti bisa mengerjakan soal – soal ini dengan mudah. Yang pasti kalian sudah mengerti konsepnya saja sudah cukup untuk mengerjakan soal – soalnya. Sekian terimakasih.

Related Posts