Contoh Soal Cara Menghitung Rumus Phytagoras lengkap dengan Pembahasan

Cara Menghitung Rumus Phytagoras dalam Segitiga - Rumus Phytagoras adalah rumus yang wajib dikuasai oleh semua siswa dalam mempelajari matematika. Pada dasarnya, rumus matematika mengenai pitagoras adalah membahas tentang bentuk bangun datar yaitu segitiga siku siku. Setiap dari kalian pasti mengetahui bukan apa itu siku siku? Ya, tepat sekali. Siku siku adalah nama lain sudut 90 derajat. Ada segitiga yang memiliki lengkungan tepat 90 derajat. Jadi disebut segitiga siku-siku. Ingat, tepat 90 derajat. Karena, menurut beberapa buku, jika lebih dari 90 derajat disebut sudut tumpul dan jika kurang dari 90 disebut sudut lancip. Oke, pembahasan kita kali tidak akan membahas mengenai sudut melainkan segitiganya ya.

Contoh Soal Cara Menghitung Rumus Phytagoras
Google Image - Contoh Soal Cara Menghitung Rumus Phytagoras

Rumus Pythagoras adalah rumus untuk menemukan sisi miring dari sebuah segitiga. Karena pada dasarnya, awal mula dari segitiga berasal dari bangun datar berbentuk persegi yang dipotong secara diagonal. Jadi, sisi miring tersebut tidak mudah untuk ditemukan. Untungnya, sang penemu theorema phytagoras telah mempersiapkan untuk anda. Jadi, anda tidak perlu ribet lagi. Hehehe. Nah, kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh soal teorema pitagoras untuk anda. Jika anda tidak bisa rumus phytagoras, bisa jadi anda akan kesulitan untuk melanjutkan materi kebagian selanjutnya. Rumus ini biasa diperkenalkan pada bangku SMP. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal Cara Menghitung Rumus Phytagoras lengkap dengan Pembahasan

Dasarnya, rumus phytagoras digunakan untuk mencari sisi lain dari sebuah segitiga. Biasanya contoh soalnya memberikan nilai pada dua sisinya lalu kita diminta untuk menjawab satu bagiannya lagi. Secara mudah rumusnya adalah sebagai berikut:

                                                   c² =  a² +  

                         Sisi miring kuadrat = a kuadrat + b kuadrat 


Contoh Soal Pertama
Diketahui sebuah segitiga siku siku memiliki tinggi dengan panjang 4 cm dan alas dengan berukuran 3 cm. Tentukan panjang sisi miring dari segitiga siku-siku tersebut!

Jika alas disebut a, tinggi disebut b, maka sisi miring disebut c.

Pembahasan:
Kuadrat sisi miring = Jumlah Kuadrat seluruh sisi siku-siku

c² = sisi tinggi² + alas²
c² = a² + b²
c² = 4² + 3²
c² = 16 cm + 9 cm
c² = 25 cm
c= √25 cm
c = 5 cm

Maka sisi miring atau sisi c pada segitiga tersebut adalah 5 cm


Selanjutnya, semua soal phytagoras tidak akan hanya membahas untuk mencari sisi miringnya. Namun, bisa saja si pembuat soal ingin membuat agar anda mampu berfikir kritis. Banyak sekali contohnya, namun saya akan memberikan contoh untuk mencari tinggi dari segitiga ketika kita mengetahui alas dan sisi miringnya.


Contoh Soal Kedua 
Diketahui sebuah segitiga siku siku memiliki sisi miring 10 cm dan alas dengan berukuran 8 cm. Tentukan tinggi dari segitiga siku-siku tersebut!

Pada bagian ini, kita dituntut untuk mencari bagian tinggi. Dengan begitu kita bisa menggunakan pengurangan untuk menjawab soal ini. Jika alas disebut a, tinggi disebut b, maka sisi miring disebut c.

Penyelesaian:
Kuadrat sisi miring = Kuadrat sisi A - Kuadrat sisi B
Kuadrat sisi a = kuadrat sisi miring - kuadrat sisi b

alas² = sisi miring² - tinggi²
a² = c² - b²
a² = 10² - 6²
a² = 100 cm - 36 cm
a² = 64 cm
a= √64 cm
a = 8 cm

Maka sisi alas atau sisi a pada segitiga tersebut adalah 8 cm

Cara Menghitung Rumus Phytagoras dalam Segitiga - Nah itu tadi contoh soal menghitung rumus phytagoras beserta pembahasannya. Semoga materi tersebut bermanfaat bagi anda yang sedang belajar matematika dengan sungguh sungguh. Saya ucapkan terimakasih. 
Contoh Soal Cara Menghitung Rumus Phytagoras lengkap dengan Pembahasan | Ninda Aurelia | 5