Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika

Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika - Kita hidup di era modern yang tak heran akan berat dan beban (Bukan beban hidup ya.. hehe). Misalnya ketika kita akan menimbang berat badan, ukuran berat badan biasanya ditentukan dengan satuan kilogram (kg). Satuan Berat adalah wajib kita ketahui dan pelajari untuk mengetahui bagaimana urutan yang tepat pada pelajaran matematika. Banyak sekali pertanyaan ukuran berat 1 pon berapa kg? Mari kita simak tulisan berikut ini. Sebagai contoh lain, kita juga sering beli beras dan gula dalam ukuran berapa kilo. Kadang disuruh ibu kita untuk membeli seperempat, ons, kilogram, dan masih banyak lagi.


Google Image - Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika
Google Image - Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika



Tentunya, pembagian tipe dari satuan berat dapat di konversikan ke dalam tangga yang nantinya bisa membuat kita lebih mudah dalam memahami bagaimana runtutan atau urutan dari satuan berat tersebut. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali satuan berat yang kita gunakan bukan. Berikut Cara Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika versi rumusmatematikaonline.com yang akan membuat anda paham materi ini dan dilengkapi dengan contoh terbaik kami. Semoga bermanfaat.


Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika

Berikut ini adalah contoh soal satuan berat dalam matematika yang bisa anda gunakan untuk belajar dengan mudah. 


Google Image - Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika
Google Image - Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika



Contoh Soal 1
Di toko, Pak Deni mempunyai 20 kuintal(Kwintal) beras, 10 ton sagu, dan 500 kg gula pasir. Berapakah keseluruhan berat barang yang dimiliki oleh pak Deni dalam ukuran kilogram?


Cara Penyelesaian:
Mula mula ubahlah semua satuan ke dalam satu tipe. Kali ini berbentuk kilogram (KG).

20 kwintal = 20 x  100kg =  2000 kg

10 ton     = 10 x 1000kg = 10000 kg

Setelah itu, jumlahkan semuanya

2000 kg + 10000 kg + 500 kg = 12500 kg


Contoh Soal 2

Sebuah mobil Truk membawa 4 karung beras dengan berat yang berbeda. Karung pertama berisi 3,6 kwintal, kedua beratnya adalah 265 kg, karung ketiga memiliki berat 0,3 ton, dan karung keempat dengan berat 2.160 ons. Hitunglah total berat beras yang ada pada mobil truk dalam satuan kilogram!


Cara Penyelesaian:
Ubah dahulu satuan yang berbeda menjadi kilogram (KG)

3,6 kuintal = 36 x 100kg = 360 kg

0,3 ton = 0,3 x 1000 kg = 300 kg
2160 ons = 2160 : 10 = 216 kg

Kemudian tambahkan semuanya

360 kg + 300 kg + 216 kg + 265 kg = 1186 kg


Catatan: Untuk lebih jelas, silahkan lihat tangga diatas agar lebih mengerti tentang perubahannya. Karena pada dasarnya materi kali ini adalah untuk membuat anda paham tentang perubahasan ukuran atau nama dari satuan berat tersebut. Seperti Hg, Kg, ons, dan lain sebagainya.



Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika - Demikianlah rangkuman materi dari Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika. Amati satuan berat pon pada tangga tersebut. Karena, sering ditemukannya salah pemahaman pada satuan itu. Kunjungi terus rumusmatematikaonline.com dan temukan semua materi seputar pelajaran matematika untuk anda. Pada dasarnya Hal ini akan sama saja dengan tangga satuan berat dari ton, satuan berat benda. Pada kesempatan berikutnya, kami akan membahas rumus satuan panjang dana tangga satuan panjang untuk anda.
Belajar Tangga Konversi Pengukuran Satuan Berat pada Matematika | Ninda Aurelia | 5