Cara Menghitung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap

Cara Menghitung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap - jumpa lagi nih dengan rumus matematika online. Pada kesempatan kita kali ini, kita akan membahas materi yang berkaitan dengan trapesium. Cara Menghiung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap inilah yang menjadi topik kita pada hari ini. Kami akan memberikan beberapa contoh soal mengenai bagaimanakah cara mencari keliling dan luas dari trapesium.

Cara Menghiung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap
Google Image - cara menghitung luas dan keliling trapesium lengkap

Trapesium merupakan salah satu dari beberapa bangun datar yang memiliki 4 rusuk dan 2 rusuk diantaranya adalah sejajar. Terdapat beberapa jenis trapesium dianataranya adalah Trapesium Sembarang, Trapesium Sama kaki, dan Trapesium siku - siku. Trapesium sembarang merupakan trapesium yang rusuknya tidak sama. Trapesium Sama kaki merupakan Trapesium yang memiliki rusuk yang sama panjang dan rusuk yang lain sejajar. Sedangkan trapesium siku merupakan trapesium yang memiliki sudut 90 derajat. 

Cara Menghiung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap


pada pertemuan lalu, kita sudah membahas bagaimana cara mencari keliling dan luas bangun datar. Pada pertemuan kali ini, Kita akan membahas cara mencari luas dan keliling trapesium. Langsung saja kita simak Cara Menghiung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap.

Perhatikanlah gambar dibawah ini:


Untuk mencari luas dari trapesium, Kita bisa menggunakan rumus dibawah ini:

L = (jumlah sisi sejajar x t)/2
L = {(AB + CD) x t}/2

Untuk mencari keliling trapesium, Kita bisa gunakan rumus dibawah ini:

K = AB + BC + CD + DA


Contoh Soal Cara Menghiung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap


Contoh Soal 1


Sepetak tanah, berbentuk seperti trapesium. Panjang sisi sejajar dari tanah tersebut berturut - turut adalah 200m dan 300m. 2 sisi miringnya berukuran 100m dan 100m Sudut antara sisi sejajar dengan sisi lainnya adalah tinggi dari sepetak tanah tersebut. Tingginya yaitu 150m. Berapakah keliling dan luas dari sepetak tanah tersebut?

Penyelesaian

Luas = ½ x (S1 + S2) x T
Luas = ½ x (200m + 300m) x 150m
Luas = ½ x 500m x 150m
Luas = 37.500m2

Keliling = jumlah semua sisinya
Keliling = 200m + 300m + 100m + 100m 
Keliling = 700m

Contoh Soal 2


Perhatikanlah Gambar dibawah ini.

Berapakah Luas dan keliling dari trapesium yang ada gambar diatas?

Penyelesaian

Untuk mencari luas dari trapesium siku - siku diatas, kita harus mencari panjang BE terlebih dahulu, Untuk mencari panjang BE kita bisa gunakan rumus pythagoras berikut ini:

BE = √BC2 – CE2
BE = √102 - 62
BE = √100 – 36
BE = √64
BE = 8cm

Barulah kita dapat mencari luas dan keliling dari trapesium diatas.

Luas = ½ x (S1 + S2) x T
Luas = ½ x (12 + 18) x 8
Luas = ½ x 30 x 8
Luas = 120cm.

Keliling = 18cm + 8cm + 12cm + 10cm
Keliling = 48cm.

Cara Menghitung Luas dan Keliling Trapesium Lengkap - Nah inilah yang dapat Rumus Matematika Online berikan untuk hari ini. Pada pertemuan besok kita akan membahas materi yang lebih menarik dan pastinya lebih membantu untuk kalian semua. Untuk itu jangan lupa share agar kawan - kawan yang lain dapat dengan mudah memahami materi diatas. Terimakasih.

Related Posts