Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan Himpunan Matematika SMP Kelas 7

Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan Himpunan Matematika SMP Kelas 7 - Jumpa lagi nih dengan rumus matematika online. Pada pertemuan kita kemarin, kita telah membahas materi tentang bagaimana cara mencari luas dan keliling dari layang - layang. Nah pada pertemuan kita kali ini, Bahasan kita adalah tentang Himpunan. Apasih himpunan itu dan bagaimana cara menyelesaikan soal himpunan tersebut. Untuk itu, Ikuti terus artikel dibawah ini ya.

Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan Himpunan Matematika SMP Kelas 7
Google Image - Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan Himpunan Matematika SMP Kelas 7
Didalam Bangku SMP kelas 7, kita belajar tentang himpunan. Himpunan secara umum dapat kita artikan sebagai kumpulan dari elemen - elemen. Nah, agar kalian semua dapat dengan jelas memahami pengertian himpunan, simak materinya dibawah ini ya.

Pengertian Himpunan Matematika SMP Kelas 7


Himpunan merupakan kelompok yang terdiri dari beberapa unsur - unsur. Unsur - unsur tersebut dinamakan elemen dari suatu himpunan. Didalam ilmu matematika, Himpunan ini biasanya ditulis didalam tanda kurung kurawal {...}. Himpunan ini sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Himpunan kosong, Himpunan semesta, himpunan bagian dan himpunan kuasa.

Notasi Himpunan Matematika SMP Kelas 7


Telah dijelaskan bahwa dalam penulisan himpunan dinotasikan dengan simbol kurung kurawal {...}. Pada beberapa elemen, biasanya dituliskan dengan notasi (...) titik - titik tiga yang berarti elemen tersebut terlampau cukup banyak. Jadi dituliskan dengan notasi titik - titik tiga. Elemen - elemen disetiap himpunan dilambangkan dengan E, sedangkan yang bukan anggota atau elemen - elemen dari suatu himpunan dilambangkan dengan tanda E dengan garis tengah.

Contoh:

B = {x I x < 8, x E R}
Dibaca: 
X adalah anggota dari himpunan B, dimana nilai x kuran dari 10, dan x merupakan anggota bilangan real.
Jadi, Himpunan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}


Contoh Soal dan Pembahasan Himpunan SMP Kelas 7


Contoh Soal 1


Pak tahar memiliki 25 ekor sapi. 20 diantaranya suka memakan rumput gajah, dan 10 suka memakan rumput biasa. Apa bila ada 2 ekor sapi yang tidak suka keduanya, maka berapakah sapi yang suka kedua – duanya.

Penyelesaian

Untuk soal diatas kita bisa gunakan rumus berikut

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (20 + 10) – (25 – 2)
n{AΛB} = (30) – (23)
n{AΛB} = 7

Jadi, jumlah sapi yang menyukai kedua rumput adalah sebanyak 7 ekor.

Contoh Soal 2


Siswa SMAN 1 Bandar Lampung kelas 9a Memiliki Sedikitnya 32 Siswa. 25 siswa Gemar pelajaran kimia, 18 Siswa gemar pelajaran fisika. Ada 3 orang yang tidak gemar dengan kedua pelajaran tersebut. Berpakah siswa yang suka dengan pelajaran kimia, dan berapakah siswa yang suka dengan pelajaran fisika?

Penyelesaian

Untuk soal diatas, kita cari terlebih dahulu siswa yang suka kedua pelajaran tersebut.

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (25 + 18) – (32 – 3)
n{AΛB} = (43) – (29)
n{AΛB} = 14

maka akan didapat jumlah siswa yang suka pelajaran kimia, dan fisika.

siswa yang suka dengan kimia saja = 25 – 14 = 11 siswa
siswa yang suka dengan fisika saja = 18 – 14 = 4 siswa.


Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan Himpunan Matematika SMP Kelas 7 - Nah,inilah yang dapat Rumus matematika Online berikan pada kesempatan kali ini. Untuk pertemuan berikutnya, Kita akan membahas materi yang lebih seru lagi tentunya. Jangan lupa untuk ikuti blog ini ya kawan - kawan. Jika kalian share artikel diatas, maka akan semakin banyak kawan - kawan yang paham dan kalian dapat bertukar pikiran. Sekian Terimakasih.
Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan Himpunan Matematika SMP Kelas 7 | Ninda Aurelia | 5