Penjalasan Unsur-Unsur Lingkaran Terlengkap

Penjalasan unsur-unsur lingkaran terlengkap - Jumpa lagi nih dengan Rumus Matematika Online. Pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas materi tentang macam - macam bangun ruang sisi melengkung. Nah pada pertuman kali ini, Kita akan membahas materi tentang penjelasan unsur - unsur lingkaran terlengkap. Untuk itu, simak materinya dibawah ini dengan baik ya kawan - kawan.

Penjalasan unsur-unsur lingkaran terlengkap
Google Image - Penjalasan unsur-unsur lingkaran terlengkap
Didalam matematika, kita mengenal berbagai jenis bangun ruang dan bangun datar. Masing - masing bangun ruang dan bangun datar tersebut memiliki beberapa unsur - unsur sendiri. Misalnya saja pada bangun datar lingkaran. Bangun datar lingkaran memiliki unsur - unsur yang berbeda dengan bangun datar lainnya. Untuk mengetahui unsur - unsur yang terdapat pada lingkaran, Simak materinya dibawah ini.

Penjalasan unsur-unsur lingkaran terlengkap



1. Titik Pusat pada Lingkaran


Tikit pusat merupakan satu titik yang berada tepat ditengah - tengah dari lingkaran. Titik pusat ini bertujuan untuk mengetahui panjang dari jari - jari lingkaran. Titik pusat menghubungkan antara titik lingkaran dengan garis lengkung lingkaran. Jika kita lihat pada gambar diatas, titik pusatnya adalah yang dilambangkan dengan huruf O.


2. Jari - jari pada Lingkaran


Jari - jari merupakan garis yang menghubungkan antara titik pusat lingkaran dengan garis lengkung lingkaran. JAri - jari biasanya dilambangkan dengan huruf r kecil. Jari - jari kita gunakan pada saat kita menghitung luas lingkaran. Pada gambar diatas, jari - jari ditunjukkan oleh OA.

3. Diameter pada Lingkaran


Diameter merupakan garis yang menghubungkan ujung sisi melengkung dengan sisi lengkung yang lain. Diameter merupakan 2xnya jari - jari lingkarang. Diameter biasanya dilambangkan dengan huruf d. Diameter pada gambar diatas ditunjukkan oleh garis A ke B.

4. Busur Lingkaran


Busur merupakan garis lengkung yang berada pada sekeliling lingkaran. Jika kita perhatikan lingkaran diatas, Yang dimaksud dengan busur ialah garis A ke C, C ke B dan B ke A. dinamakan busur karena garisnya menyerupai busur panah yang bentuknya melengkung.

5. Tali Busur Lingkaran


Tali busur merupakan garis yang diambil dari titik sembarang pada busur lingkaran atau sisi lengkung lingkarang yang ditarik lurus sampai pada sisi lengkung lainnya tanpa melewati titik pusat lingkaran. Jika kita amati gambar lingkaran diatas, yang dimaksud dengan tali busur adalah garis yang menghubungkan antara titik A ke titik D atau ADC.

6. Tembereng Lingkaran


Yang dimaksud dengan tembereng lingkaran adalah luas daerah yang berada didalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur lingkaran. Jika kita perhatikan lingkaran diatas, Daerah yang berwarna hijaulah yang merupakan tembereng lingkaran.

7. Juring Lingkaran


Juring merupakan luas daerah yang lebih besar dari pada tembereng. Juring merupakan luas daerah yang berada dalam lingkarang yang dibatasi oleh 2 buah garis tali busur lingkaran dan busur. Jika kita lihat gambar lingkaran diatas, Yang dimaksud dengan jurung adalah luas daerah yang berwarna kuning atau daerah BOC.

8. Apotema


Yang dimaksud dengan garis apotema adalah suatu garis yang kita tarik tegak lurus terhadap salah satu tali busur lingkaran sampai ketitik pusat lingkaran. Pada lingkaran diatas, yang menjadi garis apotema adalah garis yang ditarik tegak lurus dari titik D ke titik Pusat O.

9. Sudut Pusat Lingkaran


Sudut pusat lingkaran merupakan suatu sudut yang terbentuk dari du buah tali busur dimana titik sudutnya berada pada titik pusat. Pada gambar diatas yang dimaksud dengan sudut pusat adalah titik BOC.

10. Sudut Keliling Lingkaran 


Sama dengan sudut pusat lingkaran, hanya saja titik yang menjadi sudutnya adalah berada pada garis busur lingkaran.

Penjalasan unsur-unsur lingkaran terlengkap - Nah, inilah yang bisa rumus matematika online sampaikan kepada kalian semua. Jika ada yang kurang jelas, bisa tinggalkan komen dibawah dan akan langsung dijawab. Pada pertemuan selanjutnya, Kita akan membahas materi yang lebih menarik lagi. Untuk itu, Terus ikuti blog rumus matematika online ya. Termikasih.

Related Posts