Materi Pengertian dan Rumus Peluang Matematika SMP Terlengkap

Materi Pengertian dan Rumus Peluang Matematika SMP Terlengkap  - Pada postingan kita hari ini, kita akan membahas materi tentang pengertian peluang dan rumus - rumus yang terdapat dalam materi tersebut. Diantara kalian pasti ada yang pernah bermain dengan dadu? ya biasanya permainan yang menggunakan dadu adalah ular tangga. Untuk memahami pengertian peluang biasanya kita menggunakan dadu sebagai alat untuk memahami pengertian peluang. Simak dengan baik materinya ya kawan - kawan.

Materi Pengertian dan Rumus Peluang Matematika SMP Terlengkap
Google Image - Materi Pengertian dan Rumus Peluang Matematika SMP Terlengkap 

Pada ilmu matematika pengertian peluang biasanya dicontohkan dengan menggunakan dadu atau koin. Pada dadu terdapat titik - titik yang berjumlah 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 titik. Sedangkan koin terdapat 2 permukaan yang berlambang 100 atau gambar. Nah pada saat kita melempar dadu atau koin, angka yang muncul pada dadu atau permukaan pada koin adalah kemungkina 1,2,3,4,5,6 atau 100 dan gambar. Nah, kemungkinan tersebutlah yang dinamakan dengan peluang. Untuk lebih jelasnya ikuti materinya sampai akhir ya.

Materi Pengertian dan Rumus Peluang Matematika SMP Terlengkap 


Pengertian Peluang


Peluang adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi pada sebuah peristiwa. Biasanya peristiwa tersebut adalah pelemparan koin, dadu atau terambilnya sebuah kartu pada kumpulan kartu remi.

Didalam materi peluang, kita mengenal beberapa istilah dibawah ini. Istilah - istilah tersebut adalah:

Ruang Sampel
Ruang sampel adalah himpunan dari semua hasil percobaan yang mungkin terjadi.

Titik Sampel
Titik sampel adalah semua anggota yang ada didalam ruang sampel.

Kejadian
Kejadian meruakan himpunan bagian dari ruang sampel.

Rumus - Rumus yang digunakan Pada Materi Peluang

Frekuensi Relatif


Frekuensi relatif merupakan perbandingan antara banyaknya suatu kejadian dengan banyaknya suatu percobaan. Untuk mengetahui nilai dari frekuensi kita bisa gunakan rumus:


Apabila setiap titik sampel dari anggota ruang sampel S mempunyai peluang yang sama, maka peluang kejadia K yang disimbolkan dengan P(K) dengan jumlah anggotanya yang disimbolkan dengan n(K) bisa kita ketahui dengan rumus dibawah ini:


Peluang munculnya suatu kejadian dapat kita perkirakan menggunakan simbol dibawah ini:


Apabila nilai P(K) = 0 maka kejadian K tersebut sangat mustahil untuk terjadi.

Apabila nilai P(K) = 1 maka kejadian K tersebut pasti akan terjadi.

Contoh Soal Peluang


Contoh Soal 1

Dilemparkan sebuah dadu dari atas kebawah. Berapakah peluang munculnya mata dadu yang berangka genap?

Jawab

Ruang sampel (S) = {1, 2, 3, 4, 5, 6}
n(S) = 6

Mata dadu genap = {2, 4, 6}
n(K) = 3

P(K) = n(K) / n(S) 
P(K) = 3 / 6
P(K) = 1/2

Contoh Soal 2

Kejadian Majemuk

Merupakan dua atau lebih kejadian yang dioperasikan sehingga menghasilkan kejadian baru. Untuk mengetahui kejadian majemuk, kita bisa menggunakan rumus dibawah ini:

P(K) + P(K') = 1
P(K') = 1 - P(K)

Contoh 

dari seperangkat kartu bridge, diambillah satu buah kartu secara acak. tentukan peluang terambilnya kartu yang bukan As.

Jawab:

jumlah kartu bridge = n(S) = 52
jumlah kartu As = n(K) = 4
P(K) = 4/52 = 1/13

peluang yang terambil bukan kartu As :

P(K') = 1- P(K)
P(K') = 1 - 1/13 = 12/13

Materi Pengertian dan Rumus Peluang Matematika SMP Terlengkap  - Nah, Inilah yang dapat Rumus Matematika Online berikan untuk kalian semua. Harapannya Artikel diatas dapat kalian manfaatkan untuk mengerjakan contoh soal dan tugas - tugas kalian. Jika kalian masi merasa bingung langsung saja tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini. Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas materi yang lebih menarik lagi. Terimakasih.

Related Posts