Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang

Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang - Jika kemarin kita sudah sedikit banyak membahas tentang beberapa jenis bangun datar, kali ini saya akan memberikan materi yang berkaitan dengan bangun datar khususnya persegi dan persegi panjang. Materi yang akan saya berikan memang agak sedikit mudah untuk dipahamin, namun bila kalian tidak teliti, maka hasil pekerjaan kalian dalam mengerjakan soal bisa salah juga. Oleh karena itu, didalam matematika ketelitian adalah hal yang paling penting.

Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang
Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang

Pada dasarnya, materi yang akan saya sampaikan ini cukup mudah untuk dipahami, hanya saja seperti yang saya bilang diatas. Namun tidaka ada salahnya bila kalian baca berulang – ulang materi ini agar kalian tidak melupakan yang mudah. Saya akan memberikan penjelasan secara ringkas dan jelas tentang mencari luas bangun datar persegi dan persegi panjang. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang
Google Image - Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang

Gambar diatas merupaka salah satu contoh persegi panjang. Kita bisa lihat terdapat kotak – kotak yang mengisi garis tepi dari persegi panjang diatas. Apabila setiap satu kotak panjangnya 1cm, maka luas dari persegi panjang diatas adalah sebanyak kotak – kotak diatas. Jika kita lihat bahwa lebar kotak diatas adalah 8cm dan panjangnya 10cm, maka luasnya adalah 8 x 10 = 80cm2. Angka ini sama halnya jika kita menhitung seluruh kotak – kotak kecil nya. 
Dari ilustrasi diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa luas persegi panjang merupakan hasil kali dari panjang x lebar ( p x l ).

Agar kalian paham terhadap materi yang telah saya berikan, ada baiknya untuk menyimak contoh soal sebagai berikut:

Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang


Contoh 1


Pada pertandingan bola, yang akan dilaksanakan dilapangan kanjuruhan, memiliki ukuran panjang 110m. Lebar dari lapangan tersebut adalah 60m. Berapakah luas dari lapangan tersebut?

Jawab:

Diketahui (p) :110m
(l) : 60m
Ditanya L : ?

Penyelesaian:

Sudah jelas bahwa untuk mencaari L hanya tinggal mengalikan antara p x l.
L = p x l
L = 110 x 60
L = 6600m2.

Contoh 2


Ada sebuah lapangan yang memiliki Luas kira – kira 4000m2. Panjang sisi lapangan bola tersebut adalah 100m. Berapakah lebar dari lapangan tersebut.

Jawab:

Diketahui L = 4000m2
P = 100m
Ditanya l = ?

Penyelesaian:

Kita masukkan saja rumus luas persegi panjang yaitu:

L = p x l 
4000 = 100 x l
(l) = 4000/100
= 40m

Contoh 3


Ibu syahla membuat taplak meja dengan ukuran lebar sebesar 70cm. Dia menjahit sekeliling taplak meja tersebut sebesar 380cm. Berapakah luas dari taplak meja yang dibuat oleh ibu syahla tersebut?

Jawab:

Diketahui K = 280cm
(l) = 70cm
Ditanya (L) = ?

Penyelesaian:

Masukkan saja rumus keliling:

K = 2(p + l)
K = 2p + 2l
380 = 2(p) + 2(70)
380 = 2p + 140
2p = 380 – 140
P = 240/2
= 120cm.

Kita sudah mendapatkan panjang taplak meja. Sekarang baru kita bisa cari Luasnya.
L = p x l
L = 120 x 70
L = 840cm2.

Contoh 4

Diketahui sebuah persegi memiliki panjang sisi yaitu 25cm. Berapakah keliling dari persegi tersebut?

Jawab:

Untuk mencari keliling dari persegi sangatlah mudah yaitu:
K = 4 x s
K = 4 x 25
K = 100cm.

Contoh 5


Luas dari sebuah persegi adalah 3600cm2. Berapakah panjang sisi persegi tersebut?

Jawab:

L = s x s
3600 = s2
S = √3600
= 60cm.


Cara Menghitung Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang - Nah, inilah penjelasan mengenai cara perhitungan luas persegi dan persegi panjang. Mudah sekali bukan? Tentu saja mudah, namun hal yang mudah bisa saja menyulitkan kita jika kita tidak mengerti konsep yang telah saya berikan diatas. Untuk itu, pelajarilah materi yang sudah saya berikan baik yang ini maupun yang sebelum – sebelumnya. Saya akan merasa bangga apabila adik – adik saya yang berada dimanapun bisa mengenal hingga menyukai matematika. Sekian, terimakasih.

Related Posts