Materi Perbandingan Matematika SMP kelas 7

Materi Perbandingan Matematika SMP kelas 7 - Adakah dari kalian yang sudah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan perbandingan? Tidak perlu khawatir jika belum mengetahuinya, belum terlambat untuk belajar. Karena pada hari ini, saya akan memberikan materi yang berjudul materi perbandingan matematika SMP kelas 7. Bagi adik – adik yang berminat membacanya, langsung saja kita mulai.

Materi Perbandingan Matematika SMP kelas 7
Google Image - Materi Perbandingan Matematika SMP kelas 7

Perbandingan adalah materi yang cukup penting untuk kita pelajari. Tujuannya agar kita dapat membandingkan sesuatu misal umur, harga, ataupun membandingan ukuran suatu benda. Perbandingan itu sendiri merupakan suatu cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui perbedaan diantara 2 atau lebih sesuatu hal. Kalian semua harus bisa memahami konsep dari perbandingan dulu baru bisa memahami. Untuk itu, simaklah penjelasannya berikut ini.

Materi Perbandingan Matematika SMP kelas 7


Contoh soal pemahaman:


Deni memiliki tinggi badan 3 kalinya tinggi rani, rani memiliki tinggi badan ¼ dari tinggi badan aldo. Tinggi badan aldo adalah 180cm. Tentukanlah perbandingan tinggi badan mereka bertiga.


Jawab:


Diketahui bahwa tinggi badan rani = ¼ dari tinggi badan aldo = 180cm. Berarti tinggi badan rani = ¼ x 180 = 45cm.

Tinggi badan deni, 3 x tinggi badan rani. Berarti tinggi badan deni = 3 x 45 = 135cm.
Jadi, perbandingan tinggi badan mereka bisa kita selesaikan sebagai berikut:

Perbandingan tinggi badan deni dan rani = 135 : 45 ( kedua angka sama – sama dibagi dengan 45 ) maka perbandingannya menjadi 3 : 1.
Perbandingan tinggi badan deni dan aldo = 135 : 180 ( keduanya sama – sama dibagi dengan 45 ) maka perbandingannya menjadi 3 : 4.
Perbandingan tinggi badan aldo dan rani = 180 : 45 ( sama – sama dibagi dengan 45 ) maka, perbandingannya menjadi 4 : 1.
Perbandingan tinggi badan aldo, deni, dan rani = 180 : 135 : 45 ( sama – sama dibagi dengan 45 ) maka, perbandingannya menjadi 4 : 3 : 1.

Dari contoh soal diatas, kita bisa melihat hal – hal yang harus diperhatikan dalam membandingkan sesuatu hal :

Bandingkanlah besaran satu dengan yang lainnya.
Samakan satuannya
Sederhanakanlah bentuk perbandingannya

Kita juga dapat menarik kesimpulan bahwa:
Didalam perbandingan a dan b, dapat di tulis dengan a/b atau a:b. Selain itu, perbandingan harus dalam bentuk yang sederhana dimana suatu besaran angka sudah tidak dapat dibagi lagi.

Macam – macam perbandingan


Perbandingan senilai

Perbandingan senilai adalah suatu cara untuk membandingkan sesuatu dimana sesuatu tersebut apabila nilai besarannya berubah, maka yang lain akan berubah sesuai dengan yang lain. Misal, jika kita membeli 4 pensil dengan harga sekian. Apabila kita membelinya 6 pensil maka harganyapun akan bertambah sesuai dengan bertambahnya pensil yang kita beli.

Perbandingan berbalik nilai

Perbandingan berbalik nilai merupakan kebalikan dari perbandingan senilai yaitu sebuah perbandingan yang apabila nilai besarannya bertambah, maka nilai besaran yang lain akan mengalami penurunan. Misal dengan 7 pekerja, rumah akan selesai selama 27 hari. Jika dikerjakan dengan 20 orang rumah tersebut akan selesai selama 15 hari. Semakin bertambah nilai besarannya maka semakin berkurang nilai besaran yang lain.


Materi Perbandingan Matematika SMP kelas 7  - Nah, inilah yang dapat saya sampaikan kepada adik – adik semua, semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat berguna bagi kalian semua. saya akan selalu memberikan materi – materi yang lebih menarik lagi setiap harinya khusus untuk kalian semua yang ingin menuju masa depan cemerlang. Untuk menuju masa depan cemerlang, kita harus berada 1 langkah didepan yang lain. Terimakasih.

Related Posts