Contoh soal Ujian Nasional Matematika SMA Kelas IX

Contoh soal Ujian Nasional Matematika SMA Kelas IX - Selamat datang kembali ada blog kesayangan kita. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan eberapa gambaran tentang soal soal matematik akhususnya Ujian Nasional. Buat kakak kakak yang masih di bangku SMP, mungkin akan bingung. Namun, bagi kakak yang sudah SMA seperti wajib untuk menguasasi agar mampu menggapai Ujian Nasional SMA dengan lancar dan berhasil.

Contoh soal Ujian Nasional Matematika SMA Kelas IX
Google Image - Contoh soal Ujian Nasional Matematika SMA Kelas IX


Berikut ini merupakan contoh soal ujian nasional buat kalian para teman teman. Tentunya, saya telah mempersiapkan sedikit contoh soal matematika ujian nasional berdasarkan pengalaman ujian ujian tahun lalu. Ujian Nasional 2018 khususnya anak IPA pasti akan sangat menyulitkan bukan? Namun, tenang saja. Saya telah menyiapkan 3 contoh soal matematika yang penting dan wajib untuk dikuasai. Semoga bermanfaat.

Contoh soal Ujian Nasional Matematika SMA Kelas IX


1. Pada sebuah lingkaran melalui titik 0(0, 0), C(0, 8), dan D(6, 0). Persamaan garis singgung pada lingkaran tersebut di titik C adalah ....

a. 3x - 4y -32 = 0
b. 3x - 4y + 32 = 0 
c. 3x + 4y - 32 = 20
d. 4x + 3y - 32 = 0
e. 4x - 3y +32 = 0

JAWABAN: B

PEMBAHASAN:

Jadi, dapat disimpulkan persamaan garis singgungnya adalah 3x - 4y +32 = 0

Materi matematika yang wajib dikuasai oleh kalian adalah persamaan garis singgung. Materi ini mendapati persentase sebagai soal ujian nasional sebanyak 10 persen. Persamaan garis singgung merupakan materi yang bisa dengan mudah kalian selesaikan. Jadi jangan sampai gagal.


2. Jumlah semua bilangan ganjil antara 50 dan 100 adalah ….
a. 875
b. 975
c. 1.275
d. 1.425
e. 1.875

JAWABAN: E

PEMBAHASAN:

Diketahui a = 51,  b = 2, dan Un = 99.

Materi ini disebut barisan aritmatika, namun sebelum itu kita wajib mencari jumlah semua bilangan ganjil yang berada pada 50 dan 100. Rumus yang pertama kita gunakan ini:

Un = a + (n - 1) b
99  = 51 + (n - 1)(2)
99  = 51 + 2n - 2
99  =  49 + 2n
2n  = 99 - 49
n  =  25.  
Selanjutnya, kita bisa melanjutkannya dengan rumus jumlah n suku pertama suatu barisan aritmatika, 


Jadi, kita bisa menemukan jumlah semua bilangan ganjil antara 50 dan 100 adalah 1.875.

Pada soal kedua, soal deret aritmatika merupakan soal yang sering dijumpai pada soal soal ujian nasional. Dengan mengetahui cara simpel untuk menyelesaikannya, anda bisa menemukan cara yang baik untuk menemukan tips dan trik ujian nasional.

3. Volume benda putar yang terbentuk karena daerah dibatasi y = 9 – x2 dan y = x + 7 diputar 360 derajat mengelilingi sumbu x adalah ...


JAWABAN: D

PEMBAHASAN:


Pada contoh terakhir, materi yang disampaikan mengenai volume benda putar. Contoh diatas merupakan langkah mudah untuk menyelesaikannya. Semoga kalian misa mencobanya dirumah. 


Contoh soal Ujian Nasional Matematika SMA Kelas IX - Nah, itu tadi contoh soal matematika yang cocok untuk kalian para kakak kakak yang udah SMA. Hehehe, semoga sedikit ilmu tersebut bermanfaat bagi anda. Semoga ilmu mengenai pelajaran matematika Sekolah Menengah Atas dapat membuat anda mengerti tentang pelajaran tersebut. Terimakasih.

Related Posts