Pengertian Fungsi dan Macam-Macam Fungsi dalam Matematika

Pengertian fungsi dan macam-macam fungsi dalam matematika - Pada pertemuan kemarin, kita telah membahas materi tentang Pengertian Relasi dan beberapa Contoh relasi. Pada hari ini, kita akan membahas materi baru yaitu Pengertian fungsi dan macam-macam fungsi dalam matematika. Fungsi tentunya sudah kalian ketahui sebelumnya dan sekarang hanya perlu memahaminya lebih lanjut.

Pengertian fungsi dan macam-macam fungsi dalam matematika
Google Image - Pengertian fungsi dan macam-macam fungsi dalam matematika
Fungsi merupakan salah satu materi yang erat kaitannya dengan relasi. Untuk menjelaskan pengertian fungsi, kita perlu mengenal terlebih dahulu apa itu relasi. Nah, Rumus matematika Online akan membahas pengertian dan macam - macam fungsi dengan menarik dan tentunya dapat kawan - kawan semua pahami. Langsung saja kita simak materinya berikut ini.

Pengertian fungsi dan macam-macam fungsi dalam matematika


Didalam ilmu matematika, kita mengenal istilah relasi dan fungsi. Relasi itu sendiri merupakan sekelompok elemen - elemen yang dapat didefinisikan. Sedangkan fungsi adalah suatu relasi yang bersifat khusus yang memasangkan suatu himpunan dengan tiap - tiap anggota pada himpunan lainnya. Dalam materi fungsi ini, kita harus mengetahui beberapa istilah - istilah dibawah ini:

a. Domain     = daerah asal
b. Kodomain = daerah lawan
c. Range       = daerah hasil

Untuk memahami ketiga istilah - istilah diatas, marilah simak beberapa contoh soal dibawah ini:

Contoh Soal

Terdapat sebuah fungsi f dari suatu himpunan yang kita beri simbol F dan G  yang dinyatakan dalam aturan berikut ini:
 x + 3, x ∈ F. 
Bila diketahui bahwa F = {5,6,7,8} dan G = {1,2,3,,...,12}, maka tentukanlah:
a. Himpunan pasangan berurutan dalam f
b. Domain, kodomain, dan range dari f

Cara menjawabnya:

a. f: x => x + 3
x = 5 => f(x) = 5 + 3 = 8
x = 6 => f(x) = 6 + 3 = 9
x = 7 => f(x) = 7 + 3 = 10
x = 8 => f(x) = 8 + 3 = 11

Maka himpunan pasangan berurutannya adalah (x(f(x)) = {(5,8), (6,9), (7,10), (8,11)}

b.Domain (daerah asal)    = {5,6,7,8}
   Kodomain (daerah lawan) = {1,2,3...,12}
   Range (daerah hasil)    = {8.9.10,11}


Penyajian Fungsi dalam Matematika Kelas 8


Fungsi dan relasi merupakan materi yang saling berkaitan satu sama lain. Artinya penyajian dari fungsi ini sendiri tidak lepas dari penyajian dari relasi. Sama halnya dengan relasi, Fungsi juga dapat kita sajikan dalam bentuk Diagram Panah, Diagram Kartesius dan Himpunan pasangan berurut.

Cara Menentukan Banyaknya Pemetaan atau Fungsi


Banyaknya pemetaan yang terbentuk dari dua buah himpunan dapat dicari dengan menggunakan rumus yang ada pada tabel berikut ini:


Pengertian fungsi dan macam-macam fungsi dalam matematika - Nah, Inilah yang dapat Rumus Matematika Online berikan pada hari ini. Semoga kalian dapat memahaminya dengan mudah ya. Jangan lupa untuk dishare kepada kawan - kawan yang lain. Agar kalian semua bisa saling bertukar pikiran mengenai Fungsi. Pada pertemuan berikutnya, Rumus Matematika Online akan membahas materi yang lebih menarik dari sebelumnya. Terimakasih.

Related Posts