Pengertian Relasi Matematika SMP kelas 8

Pengertian relasi matematika smp kelas 8 - Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas materi tentang tangga konversi satuan berat. Nah, pada pertemuan kita kali ini, Bahasannya adalah pengertian relasi. Kalian pasti sudah pernah dengar apa itu relasi. Mungkin belum seberapa paham saja. Untuk itu, Rumus Matematika Online akan membahas materinya dan beberapa contoh soalnya untuk kalian semua.
Pengertian relasi matematika smp kelas 8
Google Image - Pengertian relasi matematika smp kelas 8
Dalam Ilmu matematika, kita menemukan materi relasi pada kelas VIII. Jika kalian sudah pernah belajar, Maka tidak akan sulit kok untuk memahami pengertian relasi ini. Dan bagi kalian yang belum pernah belajar relasi, ini waktu yang tepat untuk kalian membaca pengertian relasi pada blog ini. Langsung saja kita pelajari materinya dibawah ini.

Pengertian relasi matematika smp kelas 8


Pengertian Relasi


Secara umum, relasi merupakan suatu hubungan. Dalam ilmu matematika, Relasi merupakan suatu pernyataan yang menyatakan hubungan antara himpunan dengan himpunan lainnya. Untuk lebih mudahnya lagi, simak contoh soal dibawah ini:

Contoh

Tentukan relasi dari dua buah himpunan dibawah ini.

A = {1, 2, 3, 4, 5}
B = {1, 4, 9, 16, 25}

Jawab

Dari dua buah himpunan diatas, kita dapat membuat suatu relasi dimana himpunan A merupakan "akar dari" himpunan B. Jadi untuk itu relasinya adalah sebagai berikut ini:

1 merupakan akar dari 1
2 merupakan akar dari 4
3 merupakan akar dari 9
4 merupakan akar dari 16
5 merupakan akar dari 25

Kesimpulannya adalah relasi merupakan suatu pernyataan yang dapat menghubungkan atau yang dapat mengaitkan antara himpunan 1 dengan himpunan yang lain.


Cara Penyajian Relasi Matematika


Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menggambarkan suatu relasi yaitu dengan menggunakan diagram panah, dengan menggunakan diagram kartesius, dan yang terakhir adalah dengan menggunakan himpunan pasangan berurutan.

1. Menggambarkan Relasi dengan Diagram Panah


Misal ada beberapa anak yang sedang membicarakan tentang game. Sebut saja anak - anak tersebut adalah andi, ria, jaya dan meri. Mereka sedang membicarakan game yang mereka sukai. Andi menyukai game Super Mario dan contra, Ria menyukai game Boneka, Jaya menyukai game contra dan Meri menyukai game Boneka.

Dari ulasan diatas, dapat kita buatkan sebuah relasi dimana relasinya adalah game kesukaan. Semisal Andi, Ria, Jaya dan Meri adalah Anggota himpunan A, sedangkan Super Mario, Boneka, dan Contra adalah Anggota dari himpunan B. Dari ilustrasi diatas, Dapat kita gambarkan menggunakan diagram panah seperti gambar dibawah ini:

2. Menggambarkan Relasi dengan Diagram Kartesius


Untuk memahami penjelasnnya, langsung saja kita simak contoh soalnya dibawah ini:
Terdapat dua buah himpunan, Yaitu Himpunan A dan Himpunan B. Himpunan A = {4, 5, 6, 7} dan himpunan B = {0, 1, 2, 3, 4, 5}. Gambarkan relasi dari dua buah himpunan tersebut menggunakan Diagram Kartesius.

Penyelesaian

A = {4,5,6,7}
B = {0,1,2,3,4,5}

Relasi antara himpunan A dan himpunan B bila digambarkan dalam Diagram kartesius adalah:

3. Menggambarkan Relasi dengan Menggunakan Himpunan Pansangan Berurutan


Menggambarkan himpunan dengan cara yang terakhir cukup mudah. Kita ambil dari contoh pertama. Kita bisa menggambarkan relasi antara himpunan A dengan himpunan B dengan cara pasangan berurutan. Yaitu:
{(Andi Super Mario dan Contra, (Ria dan Meri Boneka, (Jaya Contra)}.


Pengertian relasi matematika smp kelas 8 - Nah, inilah yang dapat Rumus Matematika Online berikan pada pagi hari ini. Semoga kalian semua dapat memahami materi kita pada pagi hari ini. Jangan lupa dishare ya kawan - kawan. Besok kita akan membahas materi yang lebih menarik lagi. Ikuti terus blog ini jika kalian ingin mengetahui materi - materi yang menarik. Terimakasih.

Related Posts