Memahami Rumus Mencari Panjang Busur Lingkaran

Memahami rumus mencari panjang busur lingkaran - Jumpa lagi nih dengan rumus matematika online. Pada pertemuan kemarin, kita telah membahas materi tentang cara mencari luas juring dengan mudah. Apakah kalian sudah paham? semoga dengan adanya artikel kemarin kalian bisa lebih memahami tentang bagaimana cara menari luas juring. Nah, pada pertemuan kita kali ini. Materi yang akan kita bahas masi berhubungan dengan lingkaran yaitu Memahami rumus mencari panjang busur lingkaran. Untuk itu simak materinya dengan baik ya kawan - kawan.

Memahami rumus mencari panjang busur lingkaran
Google Image - Memahami rumus mencari panjang busur lingkaran

Busur lingkaran merupakan garis lengkung yang berada pada sekeliling lingkaran. Materi ini kita temukan pada Kelas SMP. Untuk mencari panjang busur itu sendiri dapat kita cari dengan menggunakan rumus matematika. Rumus matematika telah meresume materi - materi tentang cara mencari panjang busur lingkaran agar kalian lebih mudah untuk memahaminya. Langsung saja kita baca materinya.

Memahami rumus mencari panjang busur lingkaran


Jika kalian kemarin telah membaca artikel tentang bagaimana cara mencari luas juring, maka akan semakin mudah untuk mempelajari materi ini. Sebab untuk mencari panjang busur lingkaran menggunakan rumus yang mirip dengan rumus juring. Hanya saja jika pada luas juring kita membandingkan dengan luas lingkaran, sedangkan untuk mencari panjang busur, kita membandingkannya dengan keliling lingkaran. Simak Rumusnya dibawah ini. Jika titik O merupakan titik pusat sekaligus menjadi pusat busur AC, maka rumus panjang busur AC adalah:

∠ AOC = Panjang Busur AC
  360°      Keliling Lingkaran

Panjang Busur AC = ∠ AOC x Keliling Lingkaran
                                       360°
Panjang Busur AC = ∠ AOC x 2πr
                                       360°

Panjang Busur = Besar Sudut Juring x 2πr
                                          360°



Nah, inilah rumus yang dapat kita gunakan untuk mencari panjang busur lingkaran. dengan menggunakan rumus diatas, kita bisa mencari berapa panjang busur pada soal. Berbicara tentang soal, Rumus matematika online akan memberikan beberapa contoh soal agar kalian lebih memahami materi yang telah diberikan. Langsung saja kita kerjakan soal berikut ini.

Contoh Soal Cara Memahami Rumus Mencari Panjang Busur Lingkaran


Contoh Soal 1


Hitunglah Panjang Busur AB dari lingkaran jika diketahui jari - jari lingkaran tesebut adalah 21cm dan sudutnya adalah 90 derajat.

Penyelesaian:

Panjang Busur AB = ∠ AOB x 2πr
                                      360°
Panjang Busur AB =  90°/360° x 2 x (22/7) x 21

Panjang Busur AB =  ¼ x 2 x 66
Panjang Busur AB = ¼ x 132
Panjang Busur AB = 33 cm

Contoh Soal 2


Sebuah lingkaran memiliki juring yang sudutnya sebesar 60°, jika jari-jari lingkaran tersebut panjangnya adalah 14cm, berapakah panjang busur yang ada di hadapan sudut 60° tersebut?

Penyelesaian:

Panjang Busur = Besar sudut juring x 2πr
                                    360°
Panjang Busur =  60°/360° x 2 x (22/7) x 14

Panjang Busur =  1/6 x 2 x 44
Panjang Busur =  1/6 x 88
Panjang Busur = 14,67 cm

Contoh Soal 3


Diketahui Keliling lingkaran adalah 132cm dan panjang busur lingkaran adalah 33cm. berapakan sudut yang ada didepan busur dengan panjang 33cm tersebut?

Penyelesaian:

Panjang Busur AB = ∠ AOB x 2πr
                                      360°
33 =  ∠ AOB/360° x 132
33 x 360°  =  ∠ AOB x 132
11.880       = ∠ AOB x 132
∠ AOB      = 11.880/132
∠ AOB      = 90 derajat.

Memahami rumus mencari panjang busur lingkaran - Nah, inilah yang bisa rumus matematika online berikan untuk kalian semua. harapannya bisa membantu kalian untuk mengerjakan soal - soal kalian. Jika kalian merasa bingung, bisa langsung tanyakan dan kami akan berusah memberikan yang terbaik. Jangan lupa dishare ya kawan - kawan. Besok rumus matematika online akan memberikan materi yang lebih menarik lagi tentunya terimakasih.

Related Posts